
Nah bicara soal seting karbu, minggu kemarin ceritanya saya bertemu dengan bro Joko, itu lho, empunya FU Lone Rider yang sanggup tembus 160 kpj dgn hanya modal 3 pilar. Kami janjian ketemu karena saya ingin menjajal salah satu knalpot handmade rancangannya. Sekalian ketemu, saya juga menawarkan kepadanya siapa tau mau menyumbang tuisan di rubrik artikel tamu satria155.com. Dan joko pun mengiyakan. Dan berikut inilah coretan singkat dari Ki Joko, menjelaskan tentang salah salah satu aspek penting dalam setting karburator, yaitu menyeting Airscrew alias puteran angin. Dan menurut saya layak dishare disini, karena masih banyak kok rider yang sama sekali gak tahu atau mungkin ‘gak berani’ setting airscrew sendiri. Padahal part yang satu ini cukup krusial mempengaruhi kinerja karburator. Mudah2an dengan panduan dari bro Joko ini bisa bermanfaat untuk rider FU khususnya spy bisa menyeting karbunya sendiri (PE28 ataupun karbu standar).
———
MAKSIMALISASI KINERJA KARBU LEWAT SETING AIRSCREW SESUAI KEBUTUHAN
Writen by The Lone Rider, Joko Prasetyo Subangun Bantal
Seperti yang kita ketahui, karbu adalah piranti pencampur antara udara dan bensin yg akan mengubah menjadi butiran spray/uap yg nantinya akan masuk kedalam mesin lewat intake/manifold, dgn campuran udara dan bensin yg pas atau bahasa teknisnya dgn AFR (air fuel ratio) yg pas maka performa motorpun akan optimal sebagaimana seharusnya.

Sebelumnya perlu diketahui jg, bahwa setting airscrew karbu utamanya adalah untuk mengoptimalkan kinerja putaran bawah alias kinerja pilot jet (0-5rb RPM)..,walaupun secara keseluruhan jg berpengaruh kepada kinerja mainjet dan jet niddle (jarum skep) diputaran menengah dan atas.
Perlu diketahui juga, setting airscrew karbu bukanlah segalanya. Tetapi kesesuaian besaran angka pilot jet dan main jet juga berpengaruh, artinya kalo pilot jet/main jet kekecilan atau kegedean walaupun airscrew karbu disetting sampai lumutan ya tetep aja gak bisa optimal.
Nah adapun cara setting karbu yg umum dilakukan oleh para mekanik dan bisa diterapkan oleh kita adalah sebagai berikut..
- Posisikan motor di standart tengah
- Nyalakan mesin
- Putar/tutup air screw, seiring dgn makin menutupnya baut air screw maka motor akan brebet, nah pertahankan agar mesin tidak mati dgn menyesuaikan lewat bukaan handle gas di stang, tahan di kisaran RPM 4-5rb.
- Saat posisi airscrew sudah tertutup dan mesin sudah brebet…,maka putar/bukalah air screw perlahan-lahan..seiring bukaan air screw maka mesinpun akan mulai berteriak/RPM akan naik dgn sendirinya walopun handle gas kita tahan diposisi semula…,teriakan mesin akan semakin tinggi..tinggi..dan trs meninggi..,nah sesaat setelah teriakan mesin baru saja meninggi bila kita stop putaran air screw sampai disitu…maka itu yg namanya settingan basah
- Bila putaran air screw td kita teruskan maka teriakan mesin akan terus meninggi..meninggi dan terus meninggi walopun posisi handle gas tetap ditahan pada posisi semula, nah sesaat setelah teriakan sudah mencapai yg paling tinggi maka bila kita stop putaran airscrew sampai disitu maka itu namanya settingan kering.
- Nah kalo mau settingan yg sedang-sedang saja alias gak basah dan gak kering yg berarti putaran air screw diposisikan diantara settingan basah dan kering.
- Settingan basah : adalah settingan untuk iklim panas dan kering, buat touring jarak jauh, atau track panjang, mesin tdk akan cepat panas, settingan basah akan terasa kl putaran bawah (rpm rendah), motor terasa agak lambat berakselerasi dan agak sedikit brebet krn jumlah bensin terlalu kaya sementara jumlah udara terlalu miskin yg diatur lewat bukaan airscrew, tp putaran tengah dan atasnya enak…napas motor terasa lbh panjang.
- Settingan sedang : adalah untuk segala medan, terutama diperkotaan yg tipikal berkendaranya stop and go, settingan sedang enak diputaran bawah sampai putaran atas…,tp tetap putaran bawahnya tidak seenak settingan kering dan putaran atasnya tidak seenak settingan basah, rasanya serba sedang semua.
- Settingan kering : adalah untuk iklim dingin, dan dipergunakan untuk track pendek, motor akan cepat berakselerasi dan terasa ringan, cocok untuk track pendek.
Langkah diatas adalah cara setting paling dasar untuk keperluan harian, adapun untuk tingkat mekanik expert yg untuk balap patokan settingnya lain lg…gak selalu mengacu pada teriakan mesin disaat air screw mulai dibuka…,tetapi disesuaikan dgn kebutuhan track.
Kita ambil contoh FU si lone rider saya :
Untuk dipake 500m cukup pakai PJMJ 38/118..dari putaran bwh udh gesit..13.500RPM enteng diraih, nah PJ/MJ segitu kalo dipaksa 800meter mesin terasa kering dan panas..dan busipun putih. Sedangkan untuk track 800m saya pake PJMJ 38/120 atau 40/118. Tapi untuk touring saya pake 38/120 hanya air screwnya saya kurangin 1/4 putaran (setingan basah).
Sebenarnya kalo motor mau akselerasinya lebih cepet bikin aja setingan kering..PJ-MJ gak usah terlalu besar..,tp itu hanya untuk jarak pendek.
PE sya koq udah d seting tetep mbrebet knapa yah
BalasHapusDmn yg jual pj mj nya om?
BalasHapusDmn yg jual pj mj nya om?
BalasHapusKalau rpm susah turun, biasanya nyantol di rpm 4, gag bisa langsung turun solusinya gimana gan, pakai pe28 40/120
BalasHapusBisa jd kabel gasnya kependekan, bisa jadi nutup nipple oli samping yg dikanan karbu kurang rapet.
HapusKalau rpm susah turun, biasanya nyantol di rpm 4, gag bisa langsung turun solusinya gimana gan, pakai pe28 40/120
BalasHapusDI bengkel banyak om..!! @angga,... Coba settingan gas di turunin..!! tergantung motonya sih sebenernya..? udah garap apa standar-an..!!
BalasHapusOm kalo 66 + strokeup 3mm pj mj brp om
BalasHapusTiap motor beda2...tp kisarannya 40-42/120-122
HapusHehe
BalasHapusuntuk karbulator PE 28 yg KW . trus di pasang ke satria fu . itu . MJ 118 . dan PJ 38 . trus jarum skep GL . ane mau nanya . itu MJ 118 itu merek motor apa om yg pas yg MJ nya 118 . DN PJ nya 38 . ?? .
BalasHapusEmng mas nya tinggal di mana? Di tokoh banyak mas, alat2 racing,
HapusOm saya mau nanya nih satria fu saya pasang karbu pe , tarikan bawahnya enak tapi pas udah nyampe atas mau gas lagi malahan ngedrop malah seakan2 kaya keabisan bensin , mohon pencerahanya makasih
BalasHapusOm saya mau nanya nih satria fu saya pasang karbu pe , tarikan bawahnya enak tapi pas udah nyampe atas mau gas lagi malahan ngedrop malah seakan2 kaya keabisan bensin , mohon pencerahanya makasih
BalasHapusMungkin cdi nya msh std mas, makanya limite, kalo untuk fu coba pake mj 120, pj 40,38,
Hapusmas broo mau nanya nie satria fu kalau pagi susah bangat hidupnya,karbu bersin dh gtu kalau dh jalan berebet awalan,ane pake karbu pe 28 pj/mj 38/118 knalpot racing tolong mnt percernaanya mas broo
BalasHapusmas broo mau nanya nie satria fu kalau pagi susah bangat hidupnya,karbu bersin dh gtu kalau dh jalan berebet awalan,ane pake karbu pe 28 pj/mj 38/118 knalpot racing tolong mnt percernaanya mas broo
BalasHapusmas broo mau nanya nie satria fu kalau pagi susah bangat hidupnya,karbu bersin dh gtu kalau dh jalan berebet awalan,ane pake karbu pe 28 pj/mj 38/118 knalpot racing tolong mnt percernaanya mas broo
BalasHapusmas broo mau nanya nie satria fu kalau pagi susah bangat hidupnya,karbu bersin dh gtu kalau dh jalan berebet awalan,ane pake karbu pe 28 pj/mj 38/118 knalpot racing tolong mnt percernaanya mas broo
BalasHapusPake pj 40 sama mj 120 mas di jamin tembus
HapusSaya juga pake gto
Misi mas joko.
BalasHapusFu ane pake pe28 pj38 mj120 di rpm 6000-7000 kok serasa ada brebet gimana?
Spek 63mm cdi brt knalpot standar leher d50mm.
Mohon pencerahanya.
Coba ganti mj nya pake 118 mas, biar atasan nya kering. Saya pake 38/118 enak ko
Hapusmas saya kemaren beli fe 28 motor standaran putaran atas bawah enak tapi putatan tengah agak brebt qth mas k
BalasHapusira kira apa ya
Assalamualaikum
BalasHapusMas mau tanyak..satria fu 2014 pakek pe 28 tdr mj 110 pj 45..pakek noken racing harian pak head cuma selembar cdi standar busi uridium knalpot silincer standar satria fu cbu leher racing stenlis..pas di putaran tengah agak tersendat agak brebet gitu..solusinya gimana ya mas pj mj nya yg pas pakek ukuran brapa ya.
38/115 itu buat mesin std ya om. Kalo buat bore up 66 pj mj berapa ya. Udah pake 45/152 gak tembus masih brebet bawah kalo atas oke
BalasHapusMas mau nanya nih satria fu saya di rpm tinggi brebet pake karbu pe 28 knp ya🙏
BalasHapusPj MJ ukuran 120-38 apakah cocok buat satria Fu standar ya CDI BRT mohon penjlasanya
BalasHapusPJ 40 MJ 110 buat Fu porting harian cocok ga gan?
BalasHapus